Sabtu, 17 Desember 2011

PENERIMAAN NEGARA Realisasi Bea Cukai Lampaui Target

PENERIMAAN NEGARA
Realisasi Bea Cukai Lampaui Target

Realisasi penerimaan bea dan cukai sampai saat ini telah mencapai Rp. 112 triliun atau 97,41% dari target Rp. 115 triliun. Kontribusi terbesar berasal dari cukai hasil tembakau dan bea keluar ekspor minyak sawit mentah. Target penerimaan tahunan Ditjen Bea dan Cukai sebagaimana ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2011 adalah Rp. 115 triliun, sampai dengan saat ini realisasinya mencapai Rp. 112 triliun atau 97,41%.
Kontribusi utama dalam mengdongkrak penerimaan tahun ini masih seperti pola lama yaitu cukai hasil tembakau dan bea keluar ekspor minyak sawit mentah. Lebih meminimalisasi penyelundupan yang secara langsung akan semakin meningkatkan penerimaan negara.
Bea masuk, bea keluar dan cukai yaitu tiga hal yang berhubungan dengan penerimaan bea dan cukai dan salah satu faktor pendorong kinerja penerimaan di sektor ini adalah menguatnya nilai tukar rupiah dan harga minyak sawit mentah internasional menjadi faktor pendongkraknya. Kenaikan tariff cukai hasil tembakau merupakan faktor pendorong realisasi cukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar